Gagal Apply F1 VISA USA

Hari ini gagal apply visa F1 di kedubes  Amerika di Jakarta, ada perasaan sedih dan negatif, kenapa saya begitu bodoh bisa gagal. Tak habis pikir sebenarnya kenapa gagal. Setelah beberapa saat sedih, aku men-nonaktifkan sosial media (pokoknya galau).

Ya sedihnya, karena sejak bulan Januari kemarin, aku sudah apply study Master degree, dan resmi di terima di bulan April. Jadi bisa dibayangkan waktu 4 bulan akan sia-sia hanya karena gagal apply visa. Bukan hanya waktu aja yang ku korbankan, materi, gagal menulis dan melanjutkan target, dan paling utamanya uang.

Hari ini aku  dapat lembar warna PINK, dan isinya itu menjelaskan bahwa tidak ada alasan yang kuat untuk kembali ke indonesia. Padahal saya sudah mencantumkan surat dari perusahaan, yang menyatakan bahwa setelah 2 tahun 8 bulan, saya akan kembali bekerja di perusahaan tersebut (* gak tau juga ya di suratnya ada note hanya berlaku bulan itu aja, apa karena itu ya :p).

Intinya bingung ini antara mau lanjutkan atau tidak, karena untuk apply lagi harus bayar 160 usd (jadi sekitaran 2.3 juta). jadi kalau dihitung-hitung bisa 5 jutaan hanya untuk permohonan. Hari ini sulit sekali melupakan, dan masih belum terima kenapa gagal. Belum lagi udah terkabar bahwa aku akan lanjut study di Amerika ke teman-teman, wkwkw kalau gagal ada perasaan malu gitu.

Sekilas cerita, flashback proses seleksi ke universitasnya aja udah lama, proses apply visanya juga banyak yang dipersiapkan dan diisi (dokumennya macam-macam). mmm itu makanya sayang juga gak dilanjutkan.  Padahal udah capek-capek persiapkan ini itu ujung-ujungnya gak jadi kan sedih.  Ini mau bahas tadi kronologi interview.

Kronologi Interview
- Interviewnya dijadwalkan jam 10 pagi
- Aku udah datang jam 8 an
- Harus nunggu sampe jam 9.30 baru bisa masuk ke dalam.
- Setelah pengecekan berkas, masuk ke ruangan untuk ambil antrian (sidik jari gitu)
- Setelah itu interview sama VO(visa officer) / orang Amerika asli.
- Tadi aku gak jantungan sih jawabnya walaupun sedikit ada nervous
- Pertama dia nanya mau ngapai ke US, bla bla
- Terus nanya kampus, kerjaan, setelah lulus bla bla
- Menurutku proses interviewnya berjalan lancar, dan aku udah berharap dapat kertas putih (bukti lulus)
- Cuma aku rada bingung dokumen yang ku bawa tadi gak ku tunjukkan semua (asumsi kalau dia minta aja, masih bingung apa tunggu diminta, atau harus ku sodorkan ya.)
- Kenyataannya aku dapat pink, which is rejected (wkwk, ngakak berasa mimpi gitu tadi, mau nangis di situ dan coba nanya, tapi gak bisa.. jadinya pulang ke kursi dengan wajah kusut).
- Ini menjadi salah satu momen yang bakal ku ingat seumur hidup.





Tuhan, apakah yang harus kulakukan
Haruskah aku akan menyerah
Atau aku akan mencoba lagi
Tak tau berapa banyak uang terbuang

Tak terhitung waktu yang keluar
Tak terhitung banyaknya kerja keras
Ya aku harus mencoba lagi sampai bisa
Karena semua adalah proses

Belajar dari setiap kesalahan
Kalau gagal sekali
Maka coba lagi
Tak ada kata menyerah

Bukankah semua akan mati
Selama mencoba tak akan membuatmu mati
Selama masih ada yang bisa kau korbankan
Kejar .. kejar .. apapun itu

Terus berusaha jangan lelah
Engkau sedang diuji oleh mimpimu
Berjuanglah selagi kamu masih bisa
Semangat diriku, aku mencintaimu

Betapa banyak pergumulan yang kau hadapi
Pergumulan melawan diri dan situasi
Cobaan, tak akan menjadi penentu masa depan mu
Masa depan hanya ditentukan kerja keras, dan perbuatan baik


Ingat selalu orang tua mu
Ingat keluarga mu
Jika kamu patah semangat dan menyerah
Tak ada juga yang akan kamu dapat

Coba coba lagi
Bukan kah tidak ada masalah jika kamu mencoba 5 kali
Selama engaku berusaha dan berdoa tak ada yg mustahil
Tuhan akan membayar segala usahamu

Sekali lagi jangan sedih lagi
Ada Tuhan 
Ada keluargamu
Utamanya cintai dirimu, aku cinta akan kerja keras ku

Tak ada yang disalahkan
Engkau dan diri ini adalah sahabat
Aku dan jiwaku adalah tim, bukan mencari masalah
Bukan marah atau kecewa, namun harus berlari lagi

Ayo jiwaku dan tubuhku
Aku tak akan menyerah 
Kita harus berlari lagi
Jangan berhenti, apa yang kamu takutkan

Ya jikalau jatuh yang akan menakutimu
Tak ada juga yang kita dapat
Perjalanan masih panjang
Tak ada upah hanya tidur dan diam

Setidaknya kalau kita terjatuh lagi
Sudah beberapa tempat kita singgahi
Banyak hal baru 
Tentunya jadi sumber cerita dan inspirasi

Komentar

Postingan Populer